Berita Terpopuler

Sindikat Baca, Menularkan Virus Membaca

16.3.11
Segmen 1
Dalam rutininatas manusia disubukkan dengan berbagai aktivitas. Bekerja, belajar, berdagang, dan berbagai aktivitas kehidupan lain melekat dalam setiap jejak langkah manusia. Tapi, tak selamnya manusia sibuk, pasti ada waktu jeda, waktu luang diantara rutinitas tersebut.

Bahkan, diantara kesibukan saat kerja atau rutinitas harian itu pun, sebenarnya ada banyak waktu luang. Salah satu diantaranya adalah ketika menunggu kendaraan umum harus, menabung di Bank, antri di kaser, menunggu jemputan, dikendaraan umum, naik kereta api.

Banyak cara untuk mengisi waktu luang. Sekedar duduk, bengong, SMS-san, main game, main HP, FB-an, ngemil, mendengarkan musik MP3, membaca.

Segmen 2
Mengisi waktu luang dengan membaca adalah salah satu kegiatan alternatif yang sangat positif. Membaca setiap ada kesempatan menunjukkan citra orang positif. Selain mengurangi kegiatan yang tak berguna, membaca bisa menjadikan sesorang bisa menambah wawasan, pengetahuan. Pembaca bisa menikmati berbagai kehidupan sesuai dengan apa yang dibaca. Lewat novel manuai bisa belajar tentang rasa dan perasaan. Belahan otak kira dan kanan bisa bekerja menstimulan logika dan rasa untuk dipakai sebagai prinsip dalam menjalani hidup.

Kebiasaan membaca akan selalu menjadi teman dimanapun dan kapanpun. Teman yang menceriakan dan menyenangkan disaat sepi, gelisah gundah. Membaca bisa menjadi teman yang paling berpengalaman menunjukkan hal-hal yang belum pernah kita tau.

Semua orang memiliki alasan, mengapa mereka mau membaca.

Segmen 3
Komunitas “Sindikat Baca” hadir di bojonegoro, tuban lamongan dan blora adalah wujud kuntribusI kami untuk membangun bangsa dalam rangka meningkatkan kecerdasan bangsa dengan cara menularkan virus membaca. Kenginan kami tak muluk-muluk, “Kami ingin kampanye membaca. Titik”. Mimpi kami adalah membaca harus menjadi kebutuhan di Bojonegoro, khususnya. Bagi sindikat baca, membaca adalah gizi agar otak kita sehat. Jika otak sehat, maka otak akan jernih dalam menilai sebuah kejadian atau masalah.

Semua berwal dari sini, di rmuah ini, Rumah Baca yang terletak di Jl. Monginsidi, Kampung Baru gg. 1. Bojonegoro. Dari tempat inilah sindikat baca menularkan virus membaca bagi masyarakat, pelajar mahasiswa dan orang-orang yang kami kenal.

Sinidikat baca adalah komunitas pertama di bojonegoro yang bergerak dalam rangka peningkatan minat baca. Komunitas ini memulai aktivitasnya sejak setahun silam dengan menerbitkan majalah “baca” yang dibagikan secara gratsi di empat kabupaten. Saat ini ada beberpa komunitas lain yang mengekor seperti yang sindikat baca. “Kami bangga sebab keberadaan kami bisa menginspirasi komunitas-komunitas lain untuk turut serta membuat kegiatan dalam rangka peningkatan minat baca

Segmen 4
Tentu hobi membaca tidak berhenti hanya sekedar membaca saja. Perlu ada kegiatan-kegiatan lain untuk menunjang hobi membaca. Bergabung dengan pecinta buku salah satu cara agar minat baca terus terpelihara. Bertemu, berbincang-bincang dengan teman sesama pecinta buku tentang buku kesukaan dan bergai topik yang ada hubungan dengan dunia literasi.

Untuk itu, Sindikat Baca, memiliki berbgai agenda kegiatan diantaranya adalah menerbitkan Majalah Baca yang dibagikan secara gratis, Arisan buku untuk sindikat baca, obrolan buku di Radio Lintas FM, ara ini ditujukan untuk semua masyarakat yang tak sempat datang di acara arisan buku, membuka kelas menulis di 3 sekolah SMA di bojonegoro, kegiatan ini ditujukan untuk para siswa yang ingin meningkatkan minat baca dan belajar menulis, Membuka rumah baca untuk masyarakat yang ingin berkunjung dan membaca koleksi buku yang dimiliki oleh sindikat baca.

Sindikat Baca: Boleh gaya Asal Suka Baca.

0 komentar:

 
CAKRAWALA KEHIDUPAN © 2012 Development Fauns