Berita Terpopuler

Lurus atau Melengkung

29.7.11
Garis lurus dan lengkung… hmmm sederhana. Sesederhana pelajaranhari ini yang aku ajarkan pada anak-anak. Cukup belajar membuat garis lurus kemudian dilengkungkan atau dibiarkan lurus, cukup dengan membuat objek yang berbentuk teratur atau bentuk yang tak teratur. Mereka, garis dan objek jika dikombinasikan sudah akan menjadi sebuah karya, Tak perlu berkecil hati, dibutuhkan keberanian untuk berimprovisasi dalam mengkombinasikannya. Belajar dan mencoba, melihat dan mencotoh untuk meniriku kemudian membuat dan mencobanya dalam bentuk lain samapai menemukan gaya kita sendiri dalam menciptakan karya,

Sayang sebagian anak-anak selalu terhegemoni dengan penilaian baik dan buruk yang sering tidak objektif. Padahal sebuah karya semua baik, “Semua karya itu baik,” itulah yang di sampaikan Yonathan Raharjo, Penulis novel Lanang yang juga seniman lukis kepada saya. Sebagian siswa saya selalu merasa tidak pede takut jelek. Ya maklum mungkin selama ini karya-karyanya selalu dinilai dengan dengan kata baik dan buruk, bukan dari sebuah makan yang terkandung. Jelak dan bagus adalah sebuah persepsi subjektiv dari seseorang. Kecuali dalam karay untuk perlombaan yang indikatir dan penilaiannya jelas. Hari ini saya mengajak kepada anak-anak SMAdaBO untuk berkarya, dengan kemampuan yang dimiliki masing masing. Menjauhkan kata jelk dan bagus, Berkarya dengan hati lewat kekuatan tangan dan rasa yang dimiliki saat ini atas apa yang terjadi.

Hehehe,,,, Wah kelihatannya dalam banget. Ya memang saya mengajak mereka untuk membuatnya dengan mengabaikan penilaian orang, Yang penting berkarya, dan membuatnya. Sebab suatu saat ia akan ditumakan oleh penikmat karya itu sendiri. Yaa,.. minimal inilah yang hari ini mereka terima dari pelajaran corel draw.

Tapi bukan sekedar belajar garis lurus dan melengkung di corel draw. Lebih dari itu, garis lurus dan melengkung dalam sebauh kehidupan manusia, itu yang pengan aku tulis disini. Ya sekedar pengen menulis saja. Tak lebih. Hanya sebagai pemaknaan pribadi. Syukur-syukur orang lain bisa menuai kabaikan setalah membaca tulisan yang sangat singkat ini.

Berbicara tentang garis lurus dan lengkung, Begitu sederhan kelihatannya, Ah… memang sederhana. Terang saja garis lurus dan lengkung, Dibalik kesederhanaan itu ada hal yang tidak sesederhana yang kebanyakan orang pikirkan, Semua tergantung, tinggal bagaimana orang tersebut cara menatapnya. Jika dalam tatapanku kedua garis itu, garis lurus dan melengkung bisa memberikan inspirasi untuk menjalani hidup ini. Memaknai melengkung atau lurus dalam kehidupan yang kita jalani dalam kehidupan ini, Begitulah hidup ini mesti dipilih untuk dijalani dan akan terjalankan pada sebuah pilihan lurus, berbelok atau melengkung.

Turun dari Lantai 2, Usai Mengajar corel Draw.
29 Juli 2011

0 komentar:

 
CAKRAWALA KEHIDUPAN © 2012 Development Fauns