Berita Terpopuler

Euphorbia, Bunga Keberuntungan, Benarkah...?

23.2.07
“EUPHORBIA”
Bunga Keberuntungan Yang Memoesona. Benarkah anggapan akan bunga tersebut selama ini.

CAKRAWALA-Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini sangat menarik mata dan menjadikannya sebagi salah satu tanaman hias favorit saat ini. Dengan warna bunganya yang menyala membuatnya tampak indah dan menawan. Dulu tanaman ini sering diabaikan, setelah dilakukan rekayasa genetik oleh para ahli tanaman di Thailan, akhirnya muncul Euphorbia hibrida yang ditandai dengan munculnya bunga yang lebih besar dan warnanya yang beragam, barulah orang mulai tertarik dan melirik tanaman ini, bahkan dalam dua tahun terakhir banyak diburu, karena selain menjadi tanaman hias yang mempesina juga diyakini bisa mendatangkan keberuntungan.

Ciri khas tanaman ini tamapk pada batangnya yang diselimuti duri. Jenis durunya bermacam-macam, ada duri tunggal dan ganda bahkan ada duri yang berkelompok. Duri-duri tersebut ada yang tajam panjang, ada pula yang pendek. Bagi orang Thailand duri-duri yang tajam itu diyakini bisa mengusir roh-roh jahat. Selain itu di Negara Thailand muncul sebuah mitos tentang bunga Euphorbia yang jumlah bunganya memilki keleipatan delapan, bunga Euphorbia tersebut dianggap sebagai bunga keberunrungan.

Jenis bunga ini sangat banyak. Europhobia milii adalah salah satu species dari 2000 species dalam gen Europhobis. Europhobia milii memiliki sifat genetic yang tidak stabil, kerena memiliki beberapa kromosom pengendali. Maksudnya, dari satu induk yang sama bisa dihasilkan beberapa jenis Europhobia yang berbeda warna maupun besarnya. Selain itu ada Euphorbia yang didatangkan dari Thailand. Sebut saja, Euphorbia Red Dragon yang bunganya merah seperti kulit naga dan kesegarannya bertahan 2-3 bulan. Ada juga Euphorbia red devil yang berbunga merah menyala dengan kesegaran sekitar 3 bulan. Selain itu juga ada Euphorbia forever green, yang bunganya berwarna hijau dan mampu bertahan selama satu tahun. Yang mengejutkan lagi adalah Euphorbia red pearl dengan bunga merah menyala menyelimuti seluruh tubuhnya.

Europhobia juga memiliki fungsi dan kegunaan di bidang medis antara lain untuk mengobati Pendarahan Rahim, caranya bunga Europhobia sebanyak 10 – 15 kuntum direbus dengan 50 gram daging sapi tanpa lemak. Selain itu juga bisa untuk mengobati penyakit Hepatitis, Luka Bakar, Bisul

Cara menanam bunga Europhobia bisa dengan persemaian silang, persemaian biji dan juga stek batang.
Beberapa tips buat kalian para penggemar “bunga pembawa keberuntungan”ini agar bunga dapat tumbuh dengan baik:
Ø Tempatkanlah tanaman Euphorbia di tempat yang panas. Karena semakin panas karena sengatan matahari maka akan semakin bagus dan bunganya akan semakin menyala.
Ø Untuk melihat kering basahnya media tanaman ini masukkan jari telunjuk ke dalam 1-2 cm,jika terasa kering maka saatnya untuk disiram tapi jangan terlalu banyak memberikan air karena bisa berakibat buruk bagi Euphorbia.
Ø Beri pupuk setiap 2 minggu sekali.Bila tanaman telah berbunga, kurangi unsure nitrogen pupuk tsb. (pra)

0 komentar:

 
CAKRAWALA KEHIDUPAN © 2012 Development Fauns