Berita Terpopuler

Sudiro..!!! Kapan Makannya Nich...?

30.12.08
Saat resepsi pernikahan Sudiro, teman sekelas saya saat duduk di bangku kelas 3 IPA 3 SMAdaBO tahun 2000/2001. Acara cukup sederhana tapi tetap saja meriah, dan berjalan lancar. Ya maklumlah, rumahnya di wilayah Kecamatan Kalitidu pinggiran. Itu pun bagi tetangga sekitar sudah merupakan pesta yang menarik untuk seukuran Warga Desa Laran, desa dimana Sudiro berada.

Sudiro, saat ini sudah dianggkat menjadi PNS. Menjadi Guru di sebuah desa yang jauh dari pusat kota. Tepatnya di desa Pelem Kecamatan Purwosari. Desa itu cukup aku kenal, sebab aku asli kelahiran Kuniran yang juga termasuk wilayah Purwosari.

Nasib memang mihak pada dia, usai kuliah di tidak sempat nganggur. Pada saat itu ada pendaftaran PNS. Dia masuk lewat jalur umum dan sekarang menjadi Guru Ekonomi sesuai dengan pendidikan yang dia tempuh di UNESA.

Diro, begitulah saya memanggilnya, memang teman yang cukup menarik dalam hal pertemanan. Loyalitas bisa di andalkan. Semasa duduk di bangku SMA, dia aktif pada jalur kstra PRAMUKA, sama dengan aku. Penampilannya yang agak "Nyantri" dengan jenggot yang di panjangkan dan kadang juga humoris menjadi ciri khas dia.

Lulus SMA kami berpisah, dia melanjutkan study di UNESA, sementara aku gagal dengan impianku masuk di PTN dan harus puas menjalani pendidikan D1 di Bojonegoro saja. Beberapa tahun kami putus kontak. Waktu lulus SMA, alat komunikasi (HP, red) belum se-familiar seperti saat ini. Kami bertemu pasca dia lulus UNESA, saat dia menunggu wisuda. Saya masih ingat betul, kami bertemu pada reuni kelas yang di hadiri sekitar 10 orang dirumahnya Dodon. Yang saya ingat saat itu yang datang adalah, Dodik (Lonthong) sang etua kelas, Aku, Sudiro, Ismail, Yulita, Yefirma, Thamos, A'an Johan, yang dua adalah cewek, atapi aku lupa. Pertemuan itu berbuntut dengan jalan ke tempat wisata di Parengan, Air Hangat Perataan. Momon itu adalah kali pertama bertemu dengan Sudiro setalah sekialn lama tidak berhubungan. Semenjak itu kita berhubungan. Dia banyak bercerita tentang kuliah dan kesibukannya di bangku kuliah.

Sekarang dia sudah menikah. Kebetulan Aku bisa menghadari acara pernikahannya. Saat itu aku datang dengan Ismail. Dan gambar diatas adalah tamu yang duduk di sampingku yang kebetulan aku ambil saat mengikuti acara prosesi pernikahannya. Dan waktu itu kami lagi antri nunggu giliran dapat makan. Sampai-samapai temenku Ismail berkelakar saat nunggu makan, "Sudiro Kapan makannya, jok suwi-suwi, wis lesu ki, durung sarapan."

Selamat ya sahabatku. semoga hidupmu makin bahagia, saat menjalani sunnah rosul bersama istri tercintamu. Semangat untuk mencerdaskan anak-anak negeri ini dengan ilmu yang engkau berikan di SMPN 2 Purwosari. (mp)

1 komentar:

  1. Anonymous said...:

    hmmm.... ternyata ada bnernya kata org2 (terutama bu wi2k).
    "wong pinter kalah karo wong bejo"
    dan 'wong bejo' itu sendiri, pada dasarnya emang pinter dan terbukti.

    smoga aja aku juga jd 'wong bejo' untuk ke depannya...

    aamiinnn...:D

 
CAKRAWALA KEHIDUPAN © 2012 Development Fauns