Berita Terpopuler

Cerita Amy, di Awal Masuk Kuliah

4.11.10
Beberapa bulan yang lalu, masih tersemat dalm pikiranku saat jemari ini menuliskan baris - baris kata perpisahan bagi adik - adik kelasku di SMA. namun kini jari - jari ini mulai tergugah untuk menari kembali. menceritakan pada kalian, adik - adikku, bagaimana kehidupan pertamaku di universitas.

berbeda. sangat berbeda. pikiran ini rasanya tersengat dengan segala perbedaan antara kehidupan kampus dan sekolah. Mulai cara pikir, berbicara, berpakaian, semua terangkum dalam attitude. Dengan tertatih semua yang merasakan apa yang kurasa mencoba mengimbangi senior-senior kami. Perlahan aku mulai meninggalkan ciri khas anak SMA yang masih haus akan petualangan.

Disini kami dituntut untuk sebuah pengabdian. sebuah proses pembentukan yang tidak bisa dianggap remeh. Aneh memang, tapi mau bagaimana lagi? Kita tidak mungkin terus-terusan menjadi ABG, remaja yang selalu cekikikan tanpa memikirkan masa depan. Di ambang perjalanan perkuliahan ini, semua hal dipertaruhkan, orang tua, kehidupan di masa depan, materi dan waktu. Semakin tidak menghargai waktu, ia pun akan semakin tidak akrab dengan kita. semuanya butuh sistematika, management, semua orang bertindak sesuai aturan yang ditentukan. Tak ada lagi perilaku yang slengek'an dan semaunya sulit memang.

Proses adaptasi ini membutuhkan kerja keras. Persiapkan mental dan fisik yang kuat. Kehidupan kampus, tak bisa diremehkan seperti kehidupan sekolah. Semua berlomba untuk menjadi yang nomor satu, dan tak akan memperdulikan yang kedua. Ada banyak hal yang hati ini ingin membaginya, Tapi semakin banyak aku mengeluh, semakin terlihat betapa lemahnya aku. Keluhan-keluhanku ini tak ingin membuat kalian surut nyali dan langkah untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi.

Proses ini akan mengubah kalian, menjadi pribadi yang berbeda. Aku akan mendengarkan cerita kalian, suatu saat, ketika kalian seperti diposisiku saat ini.

Ammyzatu Rosalia Indah
Mantan Redaktur Pelaksana Majalah "ZIG-ZAG"

0 komentar:

 
CAKRAWALA KEHIDUPAN © 2012 Development Fauns